Search This Blog

Pengertian Energi dan Jenis-Jenisnya Yang Wajib kita Baca

Ada banyak hal yang Bisa kita pelajari sebelum membahas mengenai Pengertian Energi dan Jenis-Jenisnya ini, kesimpulannya kita wajib membaca Sebab dalam kehidupan kita sehari-hari kita wajib menjalankan banyak hal yang belum kita pahami yang sebenarnya. Misalnya, supaya Bisa menyampaikan keinginan kita kepada orang lain dengan bagus dan benar, kita wajib mengetahui Tips berkomunikasi. supaya Bisa berkomunikasi, kita wajib Bisa membaca dan menulis. Sebelum membahas mengenai Pengertian Energi dan Jenis-Jenisnya, Sekarang, Bisa disimpulkan bila hanya membuka pemikiran kita untuk belajar kita Bisa mengatasi masalah yang kita hadapi setiap hari. Kita belajar, akan mengubah diri kita, dari belum memahami, atau belum menguasai hal tertentu, supaya kita Bisa menyelesaikan segala sesuatu dalam kehidupan kita dan membuat kita semakin berbobot.

Pengertian Energi dan Jenis-Jenisnya

Materi IPA > Materi IPA SD > Gaya, Gerak, dan Energi

Artikel kali ini akan mempelajari mengenai pengertian energi dan jenis-jenisnya. Energi merupakan kemampuan untuk membuat suatu terjadi atau menjalankan kerja. Sedangkan dalam sains energi merupakan tenaga yang dimiliki suatu benda untuk menghasilkan suatu. misalnya kerja, bergerak, reaksi dan lain-lainnya.

Energi yang kita pelajari kali ini hanya 2 jenis aja yaitu energi panas dan energi bunyi. Pembatasan bermanfaat untuk mendalam mengenai kedua bunyi tersebut. ya.. langsung aja simak jenis-jenis bunyi di bawah ini beserta manfaat dan sifatnya.

Energi Panas
1. Sumber Energi Panas
Segala sesuatu yang Bisa menghasilkan panas disebut sumber energi panas. Contohnya merupakan matahari yang mengeluarkan panas ke bumi. Matahari sangat bermanfaat untuk makhluk hidup ataupun tak hidup. bila andai matahari tak ada, maka tak ada cahaya di bumi. bila ada hanya sebentar Sebab energi lain Bisa habis. misalnya batu bara sebagai sumber listrik.

Contoh lainnya merupakan dua telapak tangan yang saling digesekkan menghasilkan panas. sumber energi panas di tangan digesekkan berasal dari gaya gesek yang menyebabkan panas di tangan kita. 

2. Manfaat Energi Panas
Manfaat Energi Panas
Panel Surya
Beberapa manfaat energi panas merupakan sebagai berikut.
a. Panas matahari mempertahankan suhu atmosfer sehingga panas di bumi sesuai untuk kehidupan makhluk hidup.
b. Panas matahari memungkinkan terjadinya daur air dan perubahan musim di belahan bumi utara dan selatan.
c. Panas matahari bermanfaat untuk mengeringkan pakaian serta bermacam-macam bahan makanan, misalnya ikan asin, dendeng, kerupuk, dan garam.
d. Panas dari kompor digunakan untuk memasak makanan dan air.
e. Panas matahari sebagai sumber tenaga listrik, terdapat di panel surya.

3. Perpindahan Panas
Perpindahan Panas - Termos
Termos
Panas Bisa berpindah dari sumbernya ke tempat lain. Contohnya merupakan sendok besi yang kita bakar di ujung sendoknya aja. Apa yang terjadi dengan sendok besi itu merupakan panas di ganggang sendok itu.

Air panas juga merupakan sumber energi panas. Panas Bisa berpindah. Akibatnya, benda yang semula panas Bisa menjadi dingin. energi Panas berpindah tak Bisa dilihat di air itu akan tetapi Bisa kita rasakan kecuali masih berupa uap air.

Perpindahan Panas - Matahari
Matahari
Perpindahan panas Bisa dicegah. Salah satunya dengan Tips memasukkan air panas ke dalam termos. Termos merupakan alat yang Bisa mencegah terjadinya perpindahan panas. Air panas yang dimasukkan ke dalam termos Bisa tetap panas untuk waktu yang lama. Demikian pula, air tetap dingin untuk waktu yang lama. Bagian termos terbuat dari botol kaca yang dindingnya berlapis dua. Dinding itu juga dicat perak. Ruang hampa di antara kedua dinding dan cat perak, Bisa mencegah perpindahan panas. Epilog termos biasanya terbuat dari gabus atau plastik tahan panas.

Ayam dan burung mengembangkan bulunya saat kedingin. Itu merupakan bentuk adaptasi dengan lingkungannya Sebab di saat ayam dan burung mengembangkan bulunya terjadi pemanasan di tubuhnya yang berdampak di menghangatkan tubuhnya walaupun tak seberapa efektif untuk menghangatkan dari panas.

Ada 3 macam perpindahan panas yaitu;
a. Perpindahan panas dengan cara konduksi
Perpindahan panas yang tak diikuti dengan perpindahan bagian-bagian Zat yang dilaluinya disebut perpindahan panas dengan cara hantaran atau konduksi. Contohnya seperti terjadi ujung sendok besi yang dibakar yang akan berpindah ke seluruh sendoknya, termasuk bagian sendok yang kita pegang. Contoh lainnya merupakan kertas yang kita sinari dengan cahaya matahari dengan bantuan kaca lup sehingga kertas itu panas bahkan terbakar.

b. Perpindahan panas dengan cara konveksi
Perpindahan Panas dengan cara Konveksi
Perpindahan Panas dengan cara Konveksi
Bagian-bagian terkecil dari air merupakan molekul air. Molekul air sebenarnya bergerak-gerak dan bergabung dengan molekul lain. Misalnya di air putih yang kita masukkan teh dan membuat warna air putih itu berubah.

Molekul air berpindah-pindah dan bergerak tanpa kita sadari di saat terjadi pemanasan. di air yang kita panaskan terjadi buih-buih yang keluar dan sebagaian berupa uap yang terbang ke atas. buih-buih itu dan uap merupakan bagian-bagian perpindahan air. Jadi, perpindahan panas di air diikuti oleh perpindahan bagian-bagian air.

Perpindahan panas yang diikuti oleh perpindahan bagian zat yang dilaluinya disebut perpindahan panas dengan cara aliran atau konveksi.

c. Perpindahan panas dengan cara radiasi
Perpindahan panas dengan cara radiasi
Perpindahan Panas dengan cara
Radiasi
Artinya, panas matahari berpindah tanpa memerlukan bahan perantara. Perpindahan panas tanpa melalui perantara disebut perpindahan panas dengan cara pancaran atau radiasi.








B. Energi Bunyi
1. Sumber Energi Bunyi
Sumber Energi Bunyi
Lumba-lumba Bisa mendengar
dan membuat suara yang jauh.
Kita Bisa mendengar bunyi dari alat musik. musik ada yang dipukul, dipetik, ataupun ditiup. Semua musik yang terjadi sebenarnya bergetar dengan berbeda-beda Tips. misalnya terompet menghasilkan suara yang keras, melalui suara kita yang menggetarkan pita suara kita membuat terompet itu bersuara. Gitar yang dipetik juga bergetar. Karet gelang yang dipetik juga bergetar. Drum yang dipukul juga bergetar. Semua bunyi diawali oleh getaran. Jadi, kita Bisa simpulkan bahwa semua getaran benda yang Bisa menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi.


2. Frekuensi Bunyi
Kelawar memakai suara ultrasoniknya.
Kelawar memakai suara
ultrasoniknya.
Anda pasti pernah mendengar bunyi tinggi dan bunyi rendah. Contoh. Tinggi rendahnya bunyi tergantung di frekuensi bunyi. Frekuensi merupakan banyaknya getaran yang terjadi dalam satu detik.

Satu getaran merupakan satu kali gerakan bolak-balik. Satu getaran per detik disebut satu hertz yang dilambangkan dengan Hz. Semakin tinggi suatu bunyi semakin banyak getaran yang dilakukan benda itu per detik.

Bunyi yang frekuensinya teratur disebut nada. Bunyi yang frekuensinya tak teratur disebut desah.

Berdasarkan frekuensinya, bunyi Bisa dibedakan menjadi:
a. Infrasonik, yaitu bunyi yang getarannya kurang dari 20 Hz.
b. Audiosonik, yaitu bunyi yang getarannya antara 20 hingga 20.000 Hz.
c. Ultrasonik, yaitu bunyi yang getarannya lebih dari 20.000 Hz.

3. Amplitudo Bunyi
Kuat lemahnya bunyi ditentukan oleh amplitudo. Amplitudo ialah simpangan terjauh dari kedudukan kesetimbangan. Kedudukan kesetimbangan ialah kedudukan benda di saat tak bergetar.

4. Manfaat Energi Bunyi
Bunyi digunakan menghasilkan musik
Bunyi digunakan menghasilkan
musik
Manfaat bunyi merupakan sebagai berikut.
a. Bunyi digunakan oleh manusia dan Fauna untuk berkomunikasi.
b. Bunyi digunakan untuk menghasilkan musik.
c. Pantulan bunyi dimanfaatkan dalam teknologi sonar untuk mengukur kedalam Bahari.
d. Bunyi digunakan untuk mengetahui benda disekitarnya dan ini terjadi di kelawar. Kelawar mempunyai mata yang sangat rabun sehingga kesulitan melihat kedepan akan tetapi dia mempunyai suara ultrasonik yang dikeluarkan dan pantulan suaranya Bisa dijadikan penglihatan keduanya.
5. Resonansi
Resonansi merupakan peristiwa turut bergetarnya suatu benda termasuk udara Sebab pengaruh getaran benda lainnya.

5. Perubahan Bunyi Melalui Alat Musik
a. Getar merupakan alat yang digunakan dengan cara dipetik.
b. Biola merupakan alat musik bersenar yang dimainkan dengan Tips digesek.
c. Piano mempunyai satu senar untuk setiap tuts.

0 Response to "Pengertian Energi dan Jenis-Jenisnya Yang Wajib kita Baca"

Post a Comment