Search This Blog

Silabus, RPP dan Perangkat Pembelajaran Untuk Kelas 1 dan 2 SD/MI Smester 1 Kurikulum Edisi Revisi 2017

Kurikulum adalah suatu perangkat pendidikan yang menjadi jawaban terhadap berbagai kebutuhan dan tantangan di dalam masyarakat, atau Kurikulum dapat di artikan sebagai suatu perangkat mata pelajaran maupun program pendidikan yang memuat rancangan berbagai jenis pelajaran di sekolah. Dengan adanya kurikulum maka proses belajar-mengajar di sekolah dapat berjalan dengan baik dan teratur. Kurikulum tentunya wajib di terapkan di setiap sekolah yang ada di Indonesia sesuai dengan ketentuan dan kebijakan yang berlaku.
Dengan adanya kurikulum maka aktivitas dalam belajar-mengajar yang dilakukan di sekolah mampu memenuhi standar pendidikan. Kurikulum juga harus di gunakan sesuai dengan jenjang pendidikan siswa.
Kurikulum di susun, di siapkan dan di kembangkan untuk kepentingan pendidikan, terutama untuk mempersiapkan pelajar atau siswa supaya mereka dapat hidup di dalam masyarakat. Maksudnya di dalam masyarakat, jadi bukan hanya menerapkan kemampuan atau skill saja tapi siswa juga harus dapat menerapkan nilai hidup serta norma yang baik di dalam masyarakat.
Kurikulum bukan hanya berisi tentang tujuan dan arah pendidikan saja tapi berisikan pengalaman belajar yang perlu di miliki siswa serta bagaimana cara menerapkan pengalaman itu sendiri. Mengingat betapa pentingnya kurikulum dalam pendidikan dan dalam kehidupan, maka dalam menyusun kurikulum harus memahami konsep dasar dari kurikulum itu sendiri.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ?
Secara sederhana pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sendiri adalah perencanaan kegiatan pembelajaran yang disusun guru sebelum melaksanaan kegiatan pembelajaran di kelas yang disusun secara lengkap dan sistematis. Rencana Pelaksanaan pembelajaran ini dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD.

Istilah lain yang sering digunakan untuk perencanaan proses pembelajaran ini biasa disebut lesson plan. Istilah ini biasanya digunakan oleh guru-guru di sekolah swasta dengan mekanisme dan komponen yang sedikit berbeda, akan tetapi isi dan maksud serta tujuannya sama dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang akan kita bahas kali ini.

Berikut ini adalah contoh-contoh RPP Kelas 1 SD/MI Semester 1 & 2 edisi Revisi 2016 beserta perangkat pembelajaran yang dapat di download melalui lik-link yang telah disediakan dibawah ini :

Demikian Silabus dan RPP Beserta Perangkat Pembelajaran Untuk Satuan tIngkat Sekolag Dasar SD/MI Yang dapat kami bagikan, dengan adanya fasilitas ini mugah-mudahan setiap guru di seluru Indonesia dapat memanfaatkannya serta dapat meningkatkan kualitasnya lebihbaik

0 Response to "Silabus, RPP dan Perangkat Pembelajaran Untuk Kelas 1 dan 2 SD/MI Smester 1 Kurikulum Edisi Revisi 2017"

Post a Comment