Search This Blog

Materi Peta Minda - Simulai Digital untuk klas X smester 1

Pada pelajaran kaliini kita akan mulai membuka cakrawala dan mind-set kita sebagai guru dan pelajar agar tidak menjadi generasi milinealis yang hanya bisa mengonsumsi saja, akan tetapi disini akan benar-benar belajar dan mempraktekan sebuah teori yang telah di uji kebenarannya, mengapa demikian ? 

Jawabannya agar para generasi milenialis harus jadi pemasok dan fasilitator dalam menguasai teknologi informasi serta memanfaatkannya dalam hal kegiatan positif. 

Bebrapa minggu yang lalu kita telah belajar membuat akun gmail baru gratis seumur hidup untuk memulai pelajaran selanjutnya, kegunaan dari email yang kita buat saslah satunya untuk melangkapi kegiatan pembelajaran di dunia internet. Namun kali ini kita akan mulai beralih ke materi peta minda yang sangat penting dalam kehidupan ini. Apa sih peta minda itu ? mari kita simak bersama-sama 

Peta Konsep
Pengertian Peta Minda
Peta konsep adalah suatu gambar yang memaparkan struktur konsep yaitu keterkaitan antar konsep dari suatu gambaran yang menyatakan hubungan yang bermakna antara konsep-konsep dari suatu materi pelajaran yang dihubungkan dengan suatu kata penghubung sehingga membentuk suatu proposisi. Karena itu, peta konsep akan mendorong siswa menghubungkan konsep-konsep selama belajar, sehingga tercapai pembelajaran yang bermakna (Dahar,1989:123). 

Peta pikiran adalah metode pembelajaran terbaru yang dapat membantu siswa mengingat subjek secara efektif. 

Ini adalah salah satu cara visual-spatial dalam bentuk kecerdasan beragam (Multiple Intellenges) yang kini diterapkan dalam system pembelajaran di sekolah-sekolah. 

Lebih jelasnya mengenai peta minda suatu ilustrasi grafis yang konkrit yang dapat menunjukan bagaimana suatu konsep berhubungan atau terkait dengan konsep – konsep lain yang termasuk kategori yang sama. Peta minda dapat merupakan suatu skema atau ringkasan dari hasil belajar.


Siapakah yang patut menggunakan peta pikiran?

Semua siswa di anjurkan menguasai teknik ini setelah mempelajari sesuatu bab untuk mengingat dan mengupas kembali pemahaman siswa dalam bab ini.
Banyak yang menganggap teknik ini sulit diaplikasikan. Sebenarnya teknik ini akan lebih memudahkan siswa untuk mengingat fakta-fakta penting jika teknik ini dapat dikuasai sepenuhnya.


Kapan waktu yang tepat untuk menggunakan peta pikiran?

Peta pikiran sesuai digunakan pada setiap saat baik di awal persekolahan maupun di saat akhir menghadapi ujian.

Namun, siswa didorong berlatih teknik ini dari awal pembelajaran lagi untuk memudahkan siswa menguasai semua subjek dengan baik dan cemerlang.


Mengapa peta pikiran penting?

  1. Menghemat waktu belajar dan mengulang
  2. Memfasilitasi pembelajaran
  3. Memperkuat ingatan
  4. Memungkinkan siswa menginterpretasikan semua pelajaran yang dipelajari.
Setelah mengatahui apa itu peta minda saatnya kita mengetahui juga macam-macam peta minda yang telah di kukuhkan oleh para ahli peta konsep, diantara peta minda ( peta konsep ) pada simulai digital ternyata ada empat (4) yaitu : 1). Jenis Tulang Ikan  2). Jenis Cabang 3). Jenis Kitaran 4). Jenis Pokok

Ke empat jenis peta minda tersebut memiliki kelebihannya masing-masing jika ingin lebih lanjut mempelajarinya silahkan klik disini ya.

Fungsi Peta Minda

  1. Mempelajari cara belajar
  2. Mengungkapkan Konsepsi salah
  3. Alat Evaluasi
  4. membuat perencanaan sasaran pribadi;
  5. meringkas isi sebuah buku;
  6. menyenangkan dan mudah diingat.

Selanjutnya terimakasih telah berkunjung ke blog kami perlu di ingat semua materi yang diatas sudah di susun dengan seksama dan teratur, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan di bawah pada kontak komentar boleh via email atau pun fb comentar. semoga bermanfaat,.

1 Response to "Materi Peta Minda - Simulai Digital untuk klas X smester 1"