Search This Blog

Tips Hadapi UAN Yang Wajib kita Tau

tak di pungkiri kenyataanya ilmu itu luas sebelum membahas mengenai Tips Hadapi UAN ini, kenyataannya kita wajib belajar Sebab dalam kehidupan kita sehari-hari kita butuh kemampuan banyak hal yang belum tentu kita ketahui bagaimana caranya. Misalnya, untuk mampu di keahlian tertentu yang kita inginkan, maka kita wajib mengikuti bimbingan yang memang membagikan ilmu yang kita butuhkan. Sebelum membahas mengenai Tips Hadapi UAN, Sekarang, Bisa disimpulkan bila hanya membuka pemikiran kita untuk belajar kita Bisa menanggulangi masalah yang kita hadapi setiap hari. Kita mendapatkan ilmu, akan mengubah diri kita, dari belum memahami, atau belum ahli di hal tertentu, supaya kita Bisa menyelesaikan segala sesuatu dalam kehidupan kita dan membuat kita semakin mempunyai kemampuan.

Tips Hadapi UAN


Sering kali sebagai murid kita takut dengan ujian akhir nasional atau yang biasa disebut UAN. tak perduli kita murid tingkat SD, SMP ataupun SMA, tapi yang pasti kita akan sangat cemas dalam menghadapi UAN Sebab ujian tersebut merupakan penguji hasil dari apa yang telah kita pelajari selama ini.
Mendekati UAN biasanya kita menjadi takut bahkan tak jarang ada yang menjadi sering sakit perut atau sakit kepala Sebab terlalu tegang. Berikut ini terdapat beberapa tips yang Bisa membantu kalian supaya Bisa menghadapi UAN :
1.       Persiapkan Diri
Belajar dengan bagus merupakan kunci sukses seorang pelajar saat menghadapi ujian. Tingkatkan frekuensi untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam buku soal-soal UAN dan rajin mengikuti tryout. Dengan demikian, kalian akan lebih siap dan mantap menghadapi ujian.
2.       Ukur Kemampuan
Selain belajar, kalian juga wajib memahami kemampuan dalam diri kalian. Dengan begitu kalian akan mengetahui kelemahan yang kalian miliki. Seringlah berlatih dan minta penjelasan dari guru ataupun teman mengenai pelajaran yang tak begitu dikuasai dengan bagus.
3.       Menjaga Kondisi Kesehatan Tubuh
Sering sekali para pelajar yang tegang akan menghadapi UAN cenderung belajar hingga larut malam. Padahal hal tersebut tak bagus untuk kesehatan. Kondisi kesehatan tubuh merupakan aset penting untuk pelajar saat ujian. Konsumsilah makanan bergizi, istirahat yang cukup serta tak lupa untuk berolahraga.
4.       Menyiapkan Peralatan Ujian Dengan bagus
Pastikan kalian menyiapkan dan membawa peralatan ujian dengan lengkap seperti pensil 2B, penghapus dan kartu peserta ujian.
5.       Datang Lebih Awal
Biasakan diri untuk datang lebih awal setidaknya 15 menit sebelum ujian. Hal tersebut akan membantu kalian dalam mempersiapkan mental dan fisik sehingga akan membuat kalian lebih berkonsentrasi selama ujian berlangsung.
6.       Tenang dan Percaya Diri
Atur pernapasan kalian supaya kalian menjadi tenang serta tanamkan kepercayaan diri kalian bahwa kalian Bisa mengerjakan soal-soal tersebut dan menghasilkan hasil yang terbaik.
7.       Jangan Tegang
Sangatlah wajar saat mendekati detik-detik ujian kalian akan sangat merasa tegang. Namun cobalah kuasai diri kalian dan bersikap tenang. Ketegangan hanya akan merusak konsentrasi yang kalian miliki.
8.       Membaca Perintah Ujian Dengan Teliti
Bacalah perintah ujian dengan cara teliti guna menghindari terjadinya kesalahan saat proses ujian berlangsung.
Selalu berdoa meminta penyertaan Tuhan sebelum memulai mengerjakan soal-soal ujian.
Pilihlah untuk mengerjakan soal-soal yang kalian anggap mudah terlebih dulu. Hal tersebut bertujuan untuk efisiensi waktu supaya kalian mempunyai waktu lebih untuk soal-soal yang mempunyai tingkatan lebih sulit.
11.   Hati-hati Dalam  Mengisi Lembar Jawaban
Selalu berhati-hati saat mengisi lembar jawaban. Untuk pilihan berganda pastikan kalian mengisi sesuai dengan nomornya. Jangan hingga kalian menjawab di kolom nomor 9 padahal yang dikerjakan ialah nomor 8. Dan pastikan kalian mengisi dengan bersih dan rapi.

12.   Koreksi Kembali Jawaban Ujian


Periksa kembali soal-soal yang telah kalian jawab dan bila ada kekurangan cepat perbaiki jawaban kalian.

13.   Jangan Terburu-buru

Jangan pernah kalian terburu-buru dalam mengerjakan soal ujian Sebab akan berdampak di hasil yang tak maksimal. Selain itu, pergunakan sisa waktu untuk memeriksa kembali jawaban yang ada.

      

  Nah teman-teman, beberapa hal diatas merupakan tips untuk menghadapi ujian akhir nasional. Semoga Bisa bermanfaat untuk kalian! Yuk, pelajar generasi kini buktikan kalian Bisa lulus dengan hasil yang terbaik!! (Stephanie)

Sember : www.muktiblog.com

0 Response to "Tips Hadapi UAN Yang Wajib kita Tau"

Post a Comment